learning English in Japan

716438b77fpfowkh1.gif

(FYI : sebenarnya ini postingan untuk tanggal 19 ^o^ )

Ya Allah makasih..karena hari ini tidak jadi ujian bahasa Inggris ^o^

khawatir juga jangan-jangan aku kuwalat nih sama temenku kemaren, yg do`ain kalau MIDnya hari ini jadi. hihi…

Karena satu dan lain hal, minggu lalu itu aku bolos gak pergi ke kampus gitu seharian, jadi gak tau apakah hari ini ujian pa gak. sedangkan anak2 yg lain adalah anak taun ke 2 yg tidak ada satupun yg aku kenal. kalo wajahny doang sih tau…yup, inilah bedanya Jepang dalam pergaulan yg temennya tuh hanya itu2 aja…walau udah sekelas dalam kurun waktu setahun, ttp aja kalau bukan temannya gak kenal..beda banget klo di indonesia..(ini yg buat aku jd slalu kangen negeriku, gak salah deh kalau dibilang negeri yg ramah tamah huehue..) lho kok jd ngawur ceritanya..okeh balik ke persoalan awal

Diriku sih hanya berpatokan pada syllabusnya Sensei yang mengatakan bahwa di pertemuan yang k-7 akan ada shotesto(bisa dikatakan MID kali ya). minggu yang lalu pas aku hitung..”ah..tenang ternyata minggu nanti nih baru pertemuan ke 6″

terus tadi malem, sesaat sebelum memejamkan mata. ntah napa aku punya firasat gak enak dan berinisiatif buat ngecek “bener gak sih kalau besok nih pertemuan ke 6”..

berhubung aku gak punya kalender di kamar, jadi HP lha satu2nya andalanku buat ngeliat kalender ^o^..

dan

whatt??!!

besok tuh senin yg ke 8??!!

wah klo gitu bsk jdnya pertemuan yg ke 7 dong…jdnya untuk memastikannya lagi, aku tanya sama temenku lwt YM..

yang pertama : “BUZZ!!!“—>gak ada jawaban

krn gak sabaran, soalnya wkt terus berjalan juga…langsung ngebuzz yg kedua

berikut percakapannya ^-^ :

Dyn(2007/11/18 23:23:06): BUZZ!!!
Dy(2007/11/18 23:23:14): a..ita
Dy (2007/11/18 23:23:19): dyn..
Dyn(2007/11/18 23:23:21): ita yo
Dyn (2007/11/18 23:23:25): apa ya?
Dy (2007/11/18 23:23:28): mo nanya dyn..
Dyn(2007/11/18 23:23:39): haik…
Dy (2007/11/18 23:24:00): selama ni hari senin yg tanggal merah itu cuma 1 kali dakke?
Dy (2007/11/18 23:24:17): hehe..maklum gak punya kalender nih..
Dyn (2007/11/18 23:24:23): iya… dari awal smester genap ni kan maksut iya
Dy (2007/11/18 23:24:28): ho oh
Dyn (2007/11/18 23:24:33): hehehe…. kocchi mo mottenai kedo ne
Dy (2007/11/18 23:24:35): iya cuma seklai ya..
Dy (2007/11/18 23:24:38): sokka..
Dyn (2007/11/18 23:24:50): iya..bunka no hi datta ke
Dy (2007/11/18 23:25:02): ho oh..huaa..yabai..bsk ada shiken eigo rupanya..
Dyn (2007/11/18 23:25:11): heeeeeeeee (ekspresi terkejut)
Dy (2007/11/18 23:25:12): minggu lalu sabotta jdnya ndak tau..
Dy (2007/11/18 23:25:17): hiks
Dyn(2007/11/18 23:25:23): chuukan?
Dyn(2007/11/18 23:25:35): yabai na sorya…
Dyn (2007/11/18 23:25:36): mm..shoutesuto dakedo..ma..bisa dikatakan chuukan lha..
Dy (2007/11/18 23:25:41): iyaa.. (aikon nangis..)
Dy (2007/11/18 23:25:50): ya udah lha dyn..mo belajar dulu ya..
Dyn (2007/11/18 23:25:59): jya ganbatte ne
Dy (2007/11/18 23:26:22): un ganbatte mimasu..>_< sankyuu ne, wassalaamu`Alaykum

Dy(2007/11/18 23:26:30): (hehe..tadi gak pake salam soalnya )
Dyn (2007/11/18 23:26:38): wa’alaykumussalam
Dyn (2007/11/18 23:25:57): πŸ˜€

(begitulah percakapan kami disini yg sama2 anak rantauan, yg suka seenak udelnya mencampurkan kata2 nihongo didalam percakapan bhs Indonesia.. :D, oh iya FYI panggilanku yang lain adalah Iya πŸ™‚ )

akhirnya kuputuskan untuk mematikan komputer, agar bisa berkonsentrasi penuh belajar..(hehe..udah mepet juga :p )berusaha utk nenangin diri. biar gak gitu panik.

pertama2 kuperiksa hand out2 serta kertas2 latihanny dulu(mmh….banyak bolongnya). terus liat2 kira-kira sampai mana batasnya..trus ya.. mencoba menelaah satu persatu..arus maju bukan bolak-balik spt yg sering ku lakukan…heheh..

menghafal satu persatu kosakatanya, berikut artinya baik dalam bahasa Inggris maupun bahasa Jepang.

trus..trus…keesokan harinya, ketika masuk ruangan kelas, aku perhatikan orang2 yg disekitarku. kok sepertinya tidak ada tandaa-tanda kalau hari ini bakal ada test ya..ada yg tidur, yg ngobrol. anak yg di samping belakang juga sepertinya sedang ngerjain pembahasan selanjutnya..disini aku mulai curiga..

jangan-jangan sepertinya ndak ada ujian hari ini..msh gak yakin, kulihat2 lagi..bangku2 masih banyak yg kosong sampai menjelang waktu masuk, sampai akhirnya kulihat sensei seperti biasa sambil membawa tape dan tas,…dan..tidak terlihat ada tumpukan kertas yg banyak disana..

wah..bener..rupanya gak ada test hari ini…yatta!! gak merasa rugi juga. jadi insyaAllah minggu depan, tinggal ngulang aja. gak pap, karna akhir minggu ini ada rencana mo jalan2, insyaAllah..^-^

untuk mencukupi syara kelulusan, disini aku juga ngambil matkul english. walau untuk pelajar asing diizinkan hanya mengambil matkul japanese aja, tapi berhubung jadwal japanese itu selalu bentrok dengan jadwalnya matkul wajib aku, jd gak bisa ngambil.

sejak di Jepang,setiap kali aku belajar bahasa Inggris, itu berarti sekaligus aku harus belajar jepang juga..sekaligus belajar kanji yg keriting itu juga..kalau seandainya testnya itu cuma English aja, dalam artian jawabannya dalam bhs Inggris aja mgkn gak perlu payah2 kali belajarnya..cukup belajar dengan bhs Ibunya(indonesian) aku aja, utk arti kata2nya..
tapi..kalau disini ..hiks itu gak berlaku. artikelnya aja yang bahasa English, tapi pertanyaan dan jawabannya dalam bahasa jepang :(. so, tingkat kesulitannya jd double2 buat aku. karena aku memang gak bisa bahasa inggris.

di tahun pertama,krn ketidaktahuannya aku ini jdnya nilai bhs inggrisku di semester 1 hancur. trus aku protes aja sama senseiku..kalau aku gak tau bahwa soalnya tuh harus dijawab dengan bahasa jepang,krn sensei ndak pernah kasi tau..mungkin krn dianggap itu biasa klo di jepang, jdnya gak perlu diumumin lagi..

tapi kan saya orang asing Sen..di indonesia, perasaan wkt SMPpun klo udah urusan pelajaran bahasa inggris, gak akan ada bhs indonesianya sama sekali. bahkan gurunya pun nagajarnya udah pake bahasa inggris. kalau sd mungkin lha ya..gurunya masih pakai bahasa indonesia buat nerangin.

untung senseiku baik hati, dan semeseter berikutnya tidak dikeluarin lagi yg namanya nerjemahin ke bhs jepang. dan langsung meningkat drastis nilaiku…^o^

kalau dulu sampai zaman smu, rasanya suka bingung mo belajar apa pas ujian. bukan karena udah pinter bahasa inggris…bukan..krn sampai sekarang aku masih gak bisa klo disuruh komunikasi pake bahasa inggris..heheh

tp karena mmg biasanya dulu tuh untuk readingnya gak mgkn dipake reading yg pernah di pelajari selama ini. kalau iya, wah bakalan banyak yg dapet nilai 100 deh. trus abis tu cuma grammar. jd ini tinggal buka2 dikit aja (lho ini namany jg belajar ya..:D )

jd suka kepikiran, gimana ya bentuknya kalau di Indonesia juga seperti ini. artikelnya Englishnya ditulis panjang2 dengan kosakata yg sangat sulit. tapi pertanyaannya

1.Apakah pikiran utama dari paragraph pertama?

2.tolong terjemahkan kalimat dibawah ini dengan bahasa Indonesia?

huhu..jadi serasa ujian bahasa Indonesia deh…

sepertinya mereka dilatih untuk bisa menterjemahkan bahasa inggris ke bahasa jepang. waktu kuliah biasa, sensei juga selalu menterjemahkan satu persatu kalimatnya ke dalam bahasa jepang. sampai dibahas mana yg subjek prediket objek. malahan ttg grammar gerund, idioms dll gitu gak ada dijelaskan sama sekali. padahal menurutku ini penting sekali, utk bisa bikin karangan.

memang sih mgkn agak susah bagi mereka utk nerjemahinnya, karena susunan pola kalimat yang terbalik. urutan kalimat mereka tuh secara umum S O P. tapi rasanya mereka pasti ngerti deh maksud dari bacaan itu. paling tinggal dicari vocab yg memang gak ngerti aja.

sebenarnya yg jadi masalah buatku,krn harus menerjemahkan ke bahasa jepangnya itu. karna kosakata banyak yg gak dimengerti.selama ini kalau baca2 buku bahasa asing, baik itu bhs inggris atau bahasa jepang, gak pernah berusaha untuk menerjemahkan ke bahasa indonesia. secara alami aja, cukup tau vocabnya aja insyaAllah bisa ngerti.

yah..ini lah suka dukaku belajar bahasa inggris di negeri ini yang tidak pernah aku alami di tanah airku.

Faito-faito !!

Iklan

4 thoughts on “learning English in Japan

  1. iyah…hua..cepet amat balesnyaa…padahal kan baru aja diposting..dan ada yg masih harus diedit..hehehe…

    pengen ke jepang? coba aja..ada banyak jalan menuju jepang,insyaAllah^o^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s