percakapan singkat di stasiun

292742eacrahaspx1.jpg

Kemarin, setelah selesai kuliah hari itu aku langsung memutuskan untuk pulang ke rumah saja. langsung saja kutuju langkahku menuju stasiun kereta yang letaknya lebih kurang 10 menit dengan berjalan kaki. Untuk mencapai stasiun aku harus rela melewati berpuluh-puluh tangga, jalan menurun dan berbelas-belas tangga naik lainnya. Bisa dibayangkan bagaimana jika kebalikannya, ya aku harus rela mendaki gunung melewati lembah ^-^ serta meniti berpuluh2 anak tangga untuk mencapai kampusku tercinta.

setibanya di stasiun, karena tidak kutemui satupun orang yang kukenal langsung saja aku keluarkan sahabat setiaku disaat-saat seperti ini. yaitu : ipod dan buku.

tetapi, ketika asyik-asyiknya membaca datang seorang teman china. Kebetulan tadi kami mengikuti kuliah yang sama. seperti biasa percakapanku dengan dia itu, tidak pernah lepas dari cerita tentang kesibukannya dia.

ya..aku maklum. untuk bisa makan plus bayar uang kuliah, dia harus baito alias part time. dan pada saat itu biasanya saya hanya bertindak sebagai pendengar setianya aja, sambil sesekali menanggapi. ada banyak cerita yang kami obrolkan dimulai dari bagaimana susahnya dia baito di 2 tempat sampai waktu tidurpun gak ada, waktu luangnya lebih baik digunakan untuk ngerjain report. trus, sampai akhirnya melontarkan pertanyaan buatku

begini katanya..

“sekarang sudah tahun ke 3 kan ya? udah cari2 kerja?”

(FYI : di sini, mencari kerjaan itu biasanya dimulai sejak tahun 3 semester genap, atau minimal di semester awal tahun terakhir. jadi setelah tamat dari S1 tidak ada waktu nganggur. Begitu juga kalau ingin melanjutkan S2. ujian seleksi masuk sudah dilaksanakan sekitar semester akhir. Jadi pilihan setelah tamat S1 itu adalah kalau tak kerja ya lanjut kuliah lagi.)

“belum, insyaAllah (pastiny ndak ada kata2 ini ya..ucapinny dlm hati aja ^-^) klo ada biaya dan bisa… pengen lanjut “

“oh…tapi ya, cewek tuh gak perlu lho sekolah tinggi2?”

“kenapa?” tanyaku

“ntar susah klo mau nikah”

ah..lagi2 ini yang jadi pembahasan..

iyah..terutama mamaku tuh, yang hampir setiap nelpon selalu saja membahas masalah ini. pas dibilang minta cariin, akhirnya menyerahkanny padaku saja..heheh..pernyataan “minta dicari” itu salah satu cara ampuh, supaya mama berhenti bertanya..khawatir kali ya, ngeliat anaknya ini kok adem ayem aja..huhuhu.. πŸ˜†

akhirnya aku cuma senyum, tanpa memberikan argumen apapun. karena itu semua menurutku tidak begitu beralasan, walau mungkin bisa menjadi hambatan. tapi insyaAllah, itu semua sudah ada yang mengatur kan? dan ini juga sebenarnya tinggal bagaimana si laki-laki itu mempertahankan “puraido” nya aja menurutku(hmm..bhs indonesiany ego/gengsi kali ya..). Bukankah kata Rasullullah,

Wanita itu dinikahi karena empat hal: karena hartanya, keturunannya, kecantikannya dan karena agamanya. Maka pilihlah wanita yang taat beragama, niscahya kamu beruntung. (HR. Bukhari, Muslim dan juga yang lainnya).

jelaskan, bahwa tidak ada disebutkan sama sekali, bahwa wanita itu harus rendah pendidikannya. Laahaulawalaa quwwata illaabillah..

kira-kira dia nanti yang memilihku itu, karena apanya ya? 😳

β€œYa Allah, sesungguhnya aku meminta pilihan yang tepat kepada-Mu dengan ilmu-Mu dan aku memohon kekuatan kepada-Mu (untuk mengatasi persoalanku) dengan ke-Mahakuasaan-Mu. Aku mohon kepada-Mu sesuatu dari anugerah-Mu yang Mahaagung, sungguh Engkau Mahakuasa sedang aku tidak kuasa, Engkau Maha Mengetahui sedang aku tidak mengetahui dan Engkaulah yang Maha Mengetahui yang ghaib. Ya Allah, apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini (orang yang mempunyai hajat hendaknya menyebut persoalannya) lebih baik dalam agamaku, penghidupanku, dan akibatnya terhadap diriku (atau Nabi shallallaahu β€˜alaihi wa sallam bersabda, β€˜..di dunia atau akhirat) takdirkan (tetapkan)lah untukku, mudahkanlah jalannya, kemudian berilah berkah atasnya. Akan tetapi, apabila Engkau mengetahui bahwa persoalan ini membawa keburukan bagiku dalam agamaku, penghidupanku, dan akibatnya kepada diriku (atau Nabi shallallaahu β€˜alaihi wa sallam bersabda, β€˜…di dunia atau akhirat’) maka singkirkanlah persoalan tersebut, dan jauhkanlah aku darinya, dan takdirkan (tetapkan)lah kebaikan untukku di mana saja kebaikan itu berada, kemudian berikanlah keridhaan-Mu kepadaku.’”

[Hadits shahih: Diriwayatkan oleh al-Bukhari (no. 1162), Abu Dawud (no. 1538), at-Tirmidzi (no. 480), an-Nasa-i (VI/80), Ibnu Majah (no. 1383), Ahmad (III/334), al-Baihaqi (III/52) dari Shahabat Jabir bin β€˜Abdillah radhiyallaahu β€˜anhuma.]

psst..ini do`a yang dianjurkan setelah selesai sholat istikhoroh πŸ™‚

Iklan

27 thoughts on “percakapan singkat di stasiun

  1. emang kuliah sambil nyambi rasanya susah bgt…
    Saya aja yg nyambi di 1 tempat dah rada susah, apalagi temannya mbak Dy yg sampe di 2 tempat…

    Eniwei, moga doanya terkabul! πŸ˜€

  2. trus, gimana hasil sholat istiqoroh-nya, Dy? πŸ˜‰
    kalo kami sih tadinya jg gitu. pengen langsung lanjut lg kalo udh lulus S1.
    tp sama kayak kamu, Papa-Mama kayaknya lebih pengen anaknya kerja dan nikah dulu.
    biasalah, orang tua! takut anak2nya ga laku, kli… hihihi… πŸ˜›
    tp yah liat ntar aja, deh! kalo emang Allah memberikan kesempatan, knp ga?
    kalo malah dikasih jodoh duluan, kenapa ga jg?
    intinya mah, terima apa yg duluan dikasih Allah dulu aja, deh! πŸ˜‰

  3. @funkshit
    gitu yah..tp dgn tulisan kan belum menggambarkan sifat yg sebenarnya..^-^

    @keritiKentang
    heheh..mmh…apa yah..blum tahu..belum dikerjakan 😳
    hihihi..rupanya sama ya pikiran ortu kita. πŸ˜†
    yup, bener tuh…Allah pasti tau yang terbaik buat kita ^-^
    sip2..mudah2an kita bisa ngedapetin yg terbaik yah.. πŸ˜‰

  4. saya malah lebih syok lagi mbak masih 18 tahun tapi belum lama ini diinterogasi masalah mau nikah kapan dsb, ujung-ujungnya ditawarin mau gak dicariin mujahid palestina, mumpung ada koneksi. nah loh? jauh-jauh amat yak? *wuduw kok malah curhat? hhe.
    atau mbak aja yang dicariin mujahid palestina mbak? ntar saya sampaikan deh. ups, becanda mbak.. πŸ˜€

    Dy said : wow..ada link ke mujahid palestina?? wah..ntar ngomongny pake bahasa apa yah? πŸ˜€
    eh buat Azka..silahkan baca komentarny adit di bawah, ada pesan sponsor kekny..hihhi..

  5. Wanita itu dinikahi karena empat hal: karena hartanya, keturunannya, kecantikannya dan karena agamanya.

    huhuhu jelasin lagi dung,
    pengen tau maksud yang di atas kalo perempuan yang ngartiin, πŸ™‚
    cuma rikues kok, nggak di jelasin jug anggak papa

    Dy said : ehm..gimana yah, aku tulisin hadist yang lain aja yah..yang rasanya sudah cukup menjelaskan πŸ™‚
    “Jangan menikahi wanita karena kecantikannya, karena bisa jadi kecantikannya itu akan memburukkannya. Dan jangan menikahi wanita karena hartanya, bisa jadi hartanya membuatnya melampaui batas. Tetapi, nikahilah wanita atas perkara agamanya. Sungguh hamba sahaya wanita yang sebagian hidungnya terpotong lagi berkulit hitam tapi taat beragama adalah lebih baik.” (HR. Ibnu Majah).
    Akan tetapi memilih atas dasar kecantikan itu fitrah, karena yang diinginkan pasti yang bisa menyejukkan pandangan tapi jangan mengenyampingkan segi agamanya. Ada kalimat bijak seperti ini, ketika ingin memilih pasangan lihatlah dulu kecantikannya baru kemudian agamanya. jika agamanya juga sebagus parasnya maka nikahilah dia, jika tidak bisa membatalkannya karena alasan agamanya. Dan jangan sebaliknya, melihat agamanya dahulu baru kecantikannya, karena jika dibatalkan berarti yang dilihat darinya itu adalah parasnya bukan agamanya. wallahu`alam ^o^

  6. wah, kebalikan sama orang tuaku. mereka menganjurkan sekali aku lanjut S2 setelah lulus S1. dan sekarang jadinya lanjut deh…

    masalah susah nikah, tergantung kita dan pasangan aja, gimana nanggepinnya dan memposisikan diri…
    kalo aku, kebetulan pasanganku (pacar, red.) setelah lulus S1 langsung kerja, dan ngelanjutin S2nya pengennya nanti aja kalo udah punya duit sendiri ato kalo dibiayain perusahaan.
    dan sampai sekarang, kita baik2 aja kok…

    tapi ya, kalo masalah jodoh tetep Allah yang Maha Tahu…

    iya yah..sebenarny ortuku sendiri sih kalau masalah pendidikan terserah akuny aja.. :D, jadi terserah mo langsung kerja atau mo lanjut..asal ada yg nemenin katanya.. πŸ˜†
    yup, bener..masalah jodoh ini memang rahasia Allah πŸ™‚

  7. Heheh…sama, saja juga kayak yang adem-adem aja kalau di rumah ortu, padahal di hati mah udah ‘panas’ dan ‘ngebul’ πŸ˜€ sampai mereka ngejodoh-jodohin segala πŸ˜€

    Dy said : heheheh..kayaknya itu memang kekhawatiran yang wajar dari orang tua yah, kalau memang dijodohkan dengan orang yang baik, sepertinya gak papa deh.. πŸ˜›

  8. Hmm… percakapan singkat di stasiunnya berujung ke tema ‘itu’ ya. Menarik juga nih, jadi dapet sedikit sudut pandang baru dari sisi wanita tentang nikah. Disitu ada doa yang dianjurkan setelah selesai sholat istikhoroh. Btw, dah shalat istikhoroh? Klo udah, istikhoroh memilih antara pendidikan dengan jodoh atau istikhoroh antara ……. ?

    Dy said : ups…ehm..apa yaa.. 😳

  9. akh, percakapan cewek…
    girl time banget.. πŸ˜€
    ujung2-a yah pasti ke ‘situ’ yah kak?! xp

    *ngapalin isi doa-a ah, ntar mlm dipraktekin*
    hehehehe… :mrgreen:

    Dy said : hahah..salah deet..justru temen aku ngomong itu cowok.. :mrgreen:
    ehm..ehm..ntar gimana hasilny kasi tahu yah πŸ˜‰

  10. @Azka:
    Loh, katanya waktu itu mau sama saya ajah… πŸ˜›
    *digeplakin…

    Dy said : ck..ck.adit kok di sini sih bilangnya..ayo bilang langsung..hahah..kaburrr..eh mo lari kemana yah? :P, kan ini rumahku πŸ˜†

  11. oalah, ndak ngenet dua hari udah ada prcakapan kyk gini..

    nah ya adit, jd selama ini udah punya istri toh? *geplak adit

    maap ya mbak dy saya nyampah lagi.. hhe..

  12. @ Azka, Adit dan ayam (bisa disingkat jd A3 nih ya πŸ˜› )
    huahuahuaa..aku cuma bisa tertawa saja ngeliat percakapan kalian dirumahku ini..hihihi..ayo2..akurr,,jangan berantem2 ya.. πŸ˜†

  13. hihihi…yah..itu kan ngasal dit πŸ˜›
    oh..gak berantem yah..bagus lah kalau gitu ^o^..dikirain telah terjadi perang dunia ke 3 pula kan.. :mrgree:
    jd lain kali ingat2 tempat kalau mau selingkuh ya dit πŸ˜†

  14. tau nii adit.. selingkuh tu jgn d blog orang, enakan d cafe..
    jd bsok ktemuan d cafe apa? jam brp? (lho? hha..)
    *digeplak ayam

    OOT: dit, blog dikau sombong bgt ndak bisa dikomenin via hape?

  15. @azka:
    Boleh2x… Dikau aja deh yg nentuin dmana tempatnya.. πŸ˜›
    *lirik AyAm…

    Iya ka, emang ndak bisa…
    Bukannya sombong, tapi karena keterbatasan kemampuan… πŸ˜€

    @dy:
    Numpang chatting d blognya ya mbak… πŸ˜›

  16. hoo.. tp kyknya jstru blogmu kecanggihan dit, jd dia ada tulisan ‘adapted for PDA’.. klw blog yg lain ga ada tulisan bgitu..
    udah mw bobo blom? chatnya pindah ke hlmn ‘untitled’ blog si azka aja yu?
    maaf ya mbak dy, apus saja komen OOT ini.. makasii..

  17. Kunjungan balik mba…semoga segera dipertemukan dengan jodoh sejatinya yaa….istikharah insyaallah adalah pelita paling ampuh untuk urusan satu ini, supaya kita tidak berjalan dalam kegelapan jangan lupa perbanyak sodaqoh, insyaallah dipermudah……jodoh ga ada kaitan dengan hal pendidikan dsb….urusan nya adalah ruh…..bila dua ruh ditakdirkan Allah bersatu, Insyallah semesta alam pun bertasbih…..tetep istiqomah ya…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s