Dalam do`aku

Lagi pengen ngepost puisi nih. walau copas ^-^ karena aku tidak ada bakat bikin puisi.

Ntah sejak kapan aku jadi menyukai puisi karyanya Sapardi Joko Damono, walau terkadang tidak begitu mengerti makna secara keseluruhannya, tapi aku sangat menyukai pilihan katanya. Sederhana, tapi terasa mempunyai makna yang sangat dalam.

Ini salah satu puisi karyanya yang aku suka.

ist2_5185957_begging.jpg

Dalam Do`aku

(Sapardi Joko Damono, 1989, kumpulan sajak

“Hujan Bulan Juni”)
♥ Dalam doaku subuh ini kau menjelma langit yang
semalaman tak memejamkan mata, yang meluas bening
siap menerima cahaya pertama, yang melengkung hening
karena akan menerima suara-suara♥
♥Ketika matahari mengambang tenang di atas kepala,
dalam doaku kau menjelma pucuk-pucuk cemara yang
hijau senantiasa, yang tak henti-hentinya
mengajukan pertanyaan muskil kepada angin
yang mendesau entah dari mana♥
♥Dalam doaku sore ini kau menjelma seekor burung gereja yang mengibas-ibaskan bulunya dalam gerimis,
yang hinggap di ranting dan menggugurkan bulu-bulu
bunga jambu, yang tiba-tiba gelisah dan
terbang lalu hinggap di dahan mangga itu ♥
♥Maghrib ini dalam doaku kau menjelma angin yang
turun sangat perlahan dari nun di sana, bersijingkat
di jalan dan menyentuh-nyentuhkan pipi dan bibirnya
di rambut, dahi, dan bulu-bulu mataku♥
♥Dalam doa malamku kau menjelma denyut jantungku,
yang dengan sabar bersitahan terhadap rasa sakit
yang entah batasnya, yang setia mengusut rahasia
demi rahasia, yang tak putus-putusnya bernyanyi
bagi kehidupanku♥
♥Aku mencintaimu ♥.
Itu sebabnya aku takkan pernah selesai mendoakan
keselamatanmu

Iklan

21 thoughts on “Dalam do`aku

  1. mau komeng di postingan ini aja ah
    sapa tau bakal didoain juga
    huhuhuhu
    menyenangkan sekali pasti didoain dari subuh hingga malam
    dy pasti sayang banget yah ma orang itu
    tapi saya malah jadi inget ma burung2 gereja yang sering berkumpul kalau sore hari menjelang magrib di pasar pusat pekanbaru itu.
    hmmm masih ada nggak yah sekarang?

  2. huhuhu apa hetrik aja sekalian karna komengnya di hapus.
    ato bisa jadi karna jeles ma yang didoain dy pagi siang malam nih
    huhuhuhuhuhuhu

  3. ngemeng-ngemeng, nama dodot disamping bisa tolong diganti menjadi quelopi nggak? Dan alamat rumah ku kan dah ganti, ktp ku juga udah ganti, termasuk anak bini

  4. @Bedh
    makasih udah balik lagi Bang..dan selamat anda adalah orang kedua yang telah hetrix di rumahku..heheh..kita tentu selalu mendo`akan orang2 yang dicintaikan..apalagi orang tua 😉

    @quelopi
    oh iya..iya..maap, ini akan segera dirubah..

    @adit-nya niez
    ya tentu lha dit 😉 , tapi tidak khusus utk seorang tapi pada semua orang yang aku syang,terutama keluarga ^o^

  5. HEhe dr MP kk g ya?:P pakabar iya…kok jarang sapa?

    Dy said : hehehee..alhamdulillah baik kak..apa kabar kak dina..kak dina tu yang udah jarang keliatan kan sekarng, rupanya baru pulang dari jalan2 yah..btw, kok bisa sampai sini kak? 😛

  6. Hehe.. Saya punya neh buku kumpulan puisinya,dy! Waktu nemu buku ini kaya nemu harta karun tau ga?!! HAHAHA.. Mungkin ga segitu langkanya sih, tapi karena saya ngepans *baca:ngefans* sama Bapak yang satu itu, begitu liat bukunya saya kalap. Hihi..

    Dy said : hhuhuhu..bisa sampai kalap gitu ya mbak ratie :mrgreen: , iyah..aku udah cari2 kumpulan puisinya di internet..cuma dapet dikit euy..yg terbanyak itu cuma kumpulan puisi hujan bulan juni..pengenn baca karya2nya yang lain..mupeng mode on 😀

  7. ♥Aku mencintaimu ♥.
    Itu sebabnya aku takkan pernah selesai mendoakan
    keselamatanmu

    wow !
    Semoga cinta itu tulus dan ‘menulus’kan orang-orang yang ada di dalamnya

    Dy said : amiin.. ♥ 😉

  8. assalamualaikum mba,,,,

    dah lama saya berkunjung di sini.
    Semoga do’anya terkabul. 😀

    Dy said : wa`alaykumussalam warahmatullahi wabarakaatuh, iya nih..lagi sibuk ya ton?
    makasih doanya 🙂

  9. Beliau memang TOP kalau soal puisi… Suka Puisi Taufik Ismail juga ga? Keren juga loh. Bahasa sederhana tapi “dalem” banget…

    Pa kabar? MAsih liburan? hihi..

    Dy said : iya nih..semua puisi2ny yang aku udah baca..aku suka banget..taufik ismail? hmm..blum pernah baca…
    alhamdulillah baik, iya nih masih liburann…masih menikmati masa2 luang, sebelum datang sibuk ^-^

  10. hehehe… suka puisi ya, Dy?
    aku sih suka baca puisi, tp paling ga pinter bikin puisi. 😛

    Dy said : wah kalau aku gak pinter bikin dan gak pinter baca juga Nil…cuma sebagai penikmat alias pengagum puisi aja.. 😉

  11. Bhehehe, nambah lagi satu orang yang suka sama puisi2nya si Kakek Romantis 😀 saya paling suka jg sama puisi yang ini, trus “Pada Suatu Hari Nanti” dan pastinya yang “Aku Ingin” 🙂

    Dy said: iya bener..bener…sebenarnya pertama kali aku mengenal beliau ini lewat puisi yang “aku ingin” ituh.. 😳

  12. sayang saya ga bisa berpuisi dengan indah
    hikz
    dy lam kenal juga yak
    kapan2 kita berlomba puisi
    halah 😀

    Dy said : sama saya juga, kita saling tuker2an puisi aja deh kalau ada 😀 ..karena gak ada bakat nih…hehehe..iyah, salam kenal kembali ya bebex..

  13. semoga doa nya terkabul..
    btw doa nya ditujukan untuk siapa yah.. 😀
    boleh dijawab, boleh juga tidak, jika berkenan saja..

    best regard..

  14. @Adis
    bersitahan itu sama dengan bertahan sepertinya ya..sama kek kata2 yang di atas bersijingkat mksdnya sepertinya berjingkat2..

    @rickisaputra
    hmm..tentunya buat semua orang yang kusayangi 😉

    @dEEt
    okeh, doain aku jg ya Deet ^-^

    @ayu
    ayo mari kita sama2 mendoakan 😉
    iya salam kenal kembali..thanks..sering2 mampir yaa..^-^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s