Trip dieng #1 (jogja-dieng)

bismillah..semoga istiqomah menuliskan trip “impian” ke dieng ini sampai tuntas…setelah berkali2 gagal menuliskan cerita travelling ku..hahah…

kenapa kunamakan trip impian..karena dieng ini awlnya tidak termasuk dalam list tempat yang pengen dikunjungi selama di Jogja..tapi dari dulu memang sudah pengen ke dieng, sama seperti halnya ke bromo..dan setelah tau klo ternyata dieng ini deket banget sama jogja..langsung deh, dimasukkan ke dalam list travelling. karena memang dieng ini termasuk tempat yg sudah diidam2kan dari kecil..waktu tau keberadaan telaga warna yang biasanya ada di buku agendanya papa..hehehe..

pas, lagi pengen ke dieng..pas juga ada temen2 suami yang juga pengen kesana untuk ngambil bahan penelitian. setelah nyusun jadwal,eh ternyata si temen ini tidak jadi kesana karena sesuatu hal. karena sudah terlanjur bikin rencana, trus mikir kayaknya minggu2 depan bakal tambah sibuk..soo..travelling must go on..jadi ga jadi ambil bahan kita tetep pergi..jadilah semula rencanany pengen pergi hari jumat, diundur jadi sabtu..biar gak ngebolos kuliah.

dari Jogja kita berangkat sekitar pukul 6.00 langsung menuju wonosobo untuk menikmati mie ongklok di sana..di tengah perjalanan kita kelaperan. waktu itu kita sudah masuk kota Muntilan . kata suami ” coba browsing apa makanan khas Muntilan” langsung deh nanya mbah google..taraa..langsung keluar sop empal bu Haryoko, yakin ini pasti enak karena ada beberapa blogger yg udah review makanan ini..ternyata lokasinya udah dekat dengan posisi kita ( alamat persisnya lupa, klo pengen kesana silahkan langsung pake googlemaps saja ya). dan alhamdulillah ternyata memang tidak mengecewakan..memang harganya agak sedikit mahal menurut kantong mahasiswa..hihihi..seporsi soto+nasi+air putih IDR 23K..Tapi sesuai lha dengan isinya, dagingnya banyakk bangett..rasanya sederhana, gurih, sambelnya juga mantap pedesnya, dipadu dengan manis dagingnya…rasanya kurang klo hanya satu piring nasi..hehehe..

setelah perut kenyang..kita langsung go ke Wonosobo, jadi Dieng itu terletak di dua kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara..klo dari Jogja kita biasanya melewati Wonosobo dulu. syukurnya salah satu anggota genk travelling kita ada yang pernah beberapa kali ke Dieng, dan punya sodara disana..jadi untuk masalah akomodasi dan tour guide selama disana amann..

dari jogja ke wonosobo kita bisa lewat jalur, pertama lewat Temanggung, kedua jalur alternatif lewat Borobudur ke arah Sapuran. Lewat Temanggung itu jaraknya ada 2 kali lipat lebih jauh, dibanding lewat Sapuran (jarak tempuh sekitar 4-5 jam). Tapi pemandangann yang disuguh disana MasyaAllah..kereenn..di kiri kanan jalan kita bisa ngeliat dua gunung : Sumbing dan Sindoro. klo lwt Sapuran, dari Muntilan kita cuma menghabiskan waktu 2 jam saja. tapi yaa..jalannya kecil, dan agak sepi..Pemandangannya juga so..so..

sampe Wonosobo, kita langsung menuju makanan khas Wonosobo yaitu mie Ongklok, menurut si temen ini yang paling terkenal adalah mie ongklok Longkrang. menurut informasi yang pernah saya baca,,mie ongklok Longkrang ini termasuk generasi pertama lahirnya mie ongklok ini, jadi sudah legendaris. dan harganya sangatt murahh saudara2..satu porsinya hanya Rp 7,500..dan sate kambing bisa dijadikan teman buat menikmati mie ongklok ini bisa pesen 5 tusuk atau 10 tusuk, kita pesen yang 10 tusuk seharga Rp 20K.. penampakannya seperti foto dibawah ini  nih..

kesan pertama kali ngeliat mienya, langsung teringat mie lendir Tanjung Pinang, atau mie singapur..sama2 pake kacang dan kuahnya kental, cara yg jual menyajikan mienya jg mirip..cuma mie ongklok ini gak pake toge tapi pake kol, ditaburi merica dikit dilengkapi dengan sate kambing dan geblek..maknyuss..dan sukses bikin perut saya kekenyangan..alhamdulillah (mungkin krn baru 2 jam yang lalu makan sop ya).

akhirnya setelah dari sana kita menuju dieng..yeyy.tapi kita singgah dulu di rumah sodaranya temen itu krn janji ketemuan dengan tour guidenya di sana (atas rekomendasi sepupunya temen ini), di kecamatan Garung Desa Mlandi..dan disana kita juga disuguhi macam2 makanan…dan dibekali lagi buat makan malam..alhamdulillah, budget buat makan malam aman..hihihi..semoga si ibuk sekeluarga di beri kesehatan dan di murahkan rejekinya..

istirahat disana sekitar 3 jaman kyknya, ubay sempet mandi juga disana..dan dasarnya anak gunung seloww aja dia dimandiin air yang super dingin macam air freezer, malah air hanget yg disediain dibuangnya.

IMG-20170411-WA0013

sekitar jam 4 kita bertolak dari desa mlandi ke dieng, lewat jalur alternatif lewat telaga menjer..untuk pertama kalinya disuguhi jalan yang super ekstrim sempat membuat saya yg penakut ini agak serem..tapi pak suami alhamdulillah, bisa melewatinya.

jalannya sih baguss..cuma mendaki, belok, ditambah dengan kabut yang sangat tebal. tapi pemandangan kiri kanan masyaAllah..keliatan itu gunung2 di jawa..dan memang layak disebut negeri di atas awan..karna mmg posisi kita itu lebih tinggi dari awan..alhamdulillah akhirnya sampe ke villa..yg sebenarnya saya gak begitu berharap banyak dengan tempat nginep kita..tapi ternyataa kereenn bangett…berikut foto2 villa kita, keren kann???

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s