Trip dieng #2 (Sikunir)

IMG20170409080535pagi2 nyampe kampus, niatnya memang mau ngerjain powerpoint ngelanjutin nullis trip dieng ini..sebelum keburu lupa..hehe..

salah satu tujuan wisatawan nginep di dieng itu adalah menikmati golden sunrise nya Bukit Sikunir..sehingga banyak wisatawan yang memilih nginep di desa Sembungan, deket bukit Sikunir. jadinya gak perlu dari sebelum subuh keluar dari villanya..

IMG20170409061011

berhubung villa kita itu jauh dari Sikunir..idealnya kita harus berangkat paling lama jam 4 pagi..tapi berhubung kita rempong, terutama kami krn bawa si bayi..jdnya akhirnya sholat dulu, baru kita berangkat…perjalanan dari villa ke Desa sembungan sekitar 15-20 menit. walopun mentari sudah memperlihatkan semburat merahnya, acara pendakian tetap lanjut dong..

thenn…..

ditambah lagi tragedi ubay popoknya bocor..hahaha..dan waktu itu juga ubay agak susah diajak kerjasama buat ganti popoknya..klo gak diganti, kebayang dunk gimana “harumnya” jadinya berdua suami berjibaku, mengganti popok ubay..untung rupanya susah pas di awal aja..abis itu anteng aja tuh anak..ngerjain mak bapaknya kyknya nih..karena udah panik, dan merasa gak enak udah ditungguin..udah gak karuan lagi bajunya ubay..bajunya mana, celananya mana..pokoknya sarung..dan akhirnya legging dipake di luar..hahaha..bodo’ yg penting tebel..

okeh, estafet gendongan diserahin ke ayahnya ubay, dan saya bawa tas ransel suami yg rasanya beratnya sama aja degnan ubay..karena ada baju ganti ubay habiby, minuman, biskuit, minyak angin dll..mau gak di bawa takut nyesel ntar..

ubay sama ayahnya, mbi sama diriku..ayahnya jalan duluan, karena saya harus mengimbangi jalannya habiby..eh ternyata di tengah jalan, ayahnya ubay sempat kecapekan..karena jalannya memang mendaki terus, tangganya juga gede2.mungkin bagi pendaki gunung beneran..ini mah kecill..tapi buat kita yang semangatnya aja yg gede,tapi nol pengalaman ini..agak kepayahan juga. akhirnya si ubay dgendong sama mas yg nemenin kita mas juki namanya.seperti biasa, di awal pemindahan estafet dia meronta..tapi pas udah nemplok di punggung diem aja tuh anak..hihi..

habiby, ditengah jalan sempat beberapa kali istirahat..beda sama waktu kita ke gunung purba nglanggeran…dia semangat banget..dia ngeluh klo dadanya sakit..wah takut juga saya..jadi kuajarin supaya tarik nafas dalam2 pake hidung, terus keluarin pake mulut berapa kali..stelah itu perjalanan  pun lanjut, selama jalan saya terus-menerus menyemangati dia..ternyata ilmu pernafasan waktu smp berguna juga yaa..waktu lari itu nafasnya harus hirup dengan hidung, keluarin dengan mulut. selama perjalanan sikunir diriku terus menerus bernafas dengan cara itu..alhamdulillah, nafasku jadi stabil gak terlalu ngos2an..dan rasanya jadi lebih fresh, meungkin karena oksigen yg masuk ke paru2 lebih banyak.

akhirnya kita sampai diatas..tapi kita gak ngelanjuting sampai pos yg terakhir, karena kita juga udah nyerah..akhirnya naik ke satu bukit buat foto2..

IMG20170409064718keren kan pemandangannya..klo gak salah gunung2 yang disana itu gunung sindoro,  gunung sumbing, gunung merbabu, gunung andong…masyaAllah..betapa indahnya Indonesiaku..

setelah puas foto2…kita segera turun dong, karena masih ada beberapa objek wisata yang pengen dikunjungi…nah, pas turun ini karena saya masih ngeliat pak suami masih agak kurang fit, ditambah lagi dia musti nyupir seharian, agak gak tega juga klo seandainya juga harus ngendong ubay..jdnya saya langsung berubah jadi strong woman…hahah..alhamdulillah, habiby udah duluan dengan temen2 yg lain..(thank you banget lho teman2) jadi saya bisa jalan dengan suami sambil bergandengan..romantiss bangett jdnyaa..dingin2 lagii…hahaha..

alhamdulillah mission completed..habiby berhasil naik dan turun sendiri..dan saya juga berhasil gendong ubay sejak di puncak sikunir hingga ke bawah..yeyy.. fyi habiby 6 years old and ubay 2 years old..jadi asalkan orangtuanya kuat, anak2 sangat aman buat dibawa kesana..

untuk tips mengenai pakaian :

untuk cewek : sebenarnya untuk dalaman cukup pakai celana legging dan atasan yg ketat lengan panjang..trus pake baju seperti biasa diluar, dilapisi jaket insyaallah sudah cukup menahan dinginnya udara..buat kita yg berjilbab maka topi kupluk tidak begitu diperlukan…trus boleh lha pake syal, untuk kasus saya yang hidungnya suka kedinginan, syal ini berfungsi untuk nutup idung..atau bisa juga pake master. untuk anak2 mungkin lebih kurang sama..baju dipakein dua/atau 3 lapis baru setelah itu jaket..topi dan sarung tangan..tapi ubay tidak mau pake kedua itu, alhamdulillah sehat aja dia..wlo diriku bisa ngerasain betapa kedinginannya dia..memperkuat hipotesa klo anak ini anak gunung,..hahaha..

kemudian sepatu juga pilih yang paling nyaman, banyak sih yg pake sendal saya liat..tapi koq saya gak saranin, krn jalannya cukup licin.

trus tips paling penting lainnya adalah SARAPAN..jangan pernah coba mendaki tanpa sarapan..walopun itu cuma segelas popmie #bukaniklan. karena fatal banget akibatnya..sepanjang jalan kita banyak menemukan bekas muntahan..pasti karena masuk angin kan..

oke see you di tulisan berikutnya tentang batu ratapan, candi krisna, and kawah sikidang insyaAllah…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s